3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Patut Dicoba!

3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Patut Dicoba!

rienfair.com – Salah satu masalah kerap kali terjadi pada alat penyimpanan data ialah ketika benda tersebut tidak dapat terbaca pada komputer atau laptop. Tak terhitung banyaknya orang mencari kata kunci cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di internet.

Dalam hal ini, flashdisk memang sangat penting untuk menyimpan data milik kita. Terlebih lagi benda itu kadang juga dipakai untuk mem-back up data tersebut agar tidak hilang dan sebagainya. Sehingga mengetahui seluk beluk masalah pada alat satu ini memang sangat perlu.

Apa Saja Cara Perbaiki Flashdisk yang Tak Terbaca?

Memang dapat dibilang ada banyak sekali cara atau trik yang nantinya dapat dilakukan. Namun, tentunya dari sekian banyak cara, pasti Anda akan lebih memilih trik paling mudah, bukan? Maka dari itu, mari simak penjelasan mengenai trik membetulkan flashdisk di bawah ini!

 

  • Memeriksanya Terlebih Dahulu

 

Sebelum melakukan tindakan lain, paling pertama mesti dicoba ialah memeriksa benda itu terlebih dahulu. Memang kadang masalah pada alat penyimpanan ini sehingga membuatnya tak terbaca adalah karena ia sudah usang. Maka dari itu, coba lakukan pemeriksaan pada lubang penghubung untuk mengetahui apakah lubang sedang kotor atau mungkin goyang.

Namun, selain itu bisa juga mencoba untuk menghubungkan alat penyimpan data lain ke komputer atau laptop Anda. Jika yang lain tersebut bisa terhubung ke perangkat, maka bisa dipastikan bila milik Andalah yang memang sudah rusak. 

 

  • Memformat dengan CMD

 

Dibandingkan dengan poin pertama, perbaikan dengan memformat pakai CMD ini cukuplah rumit. Tapi dengan begini nyatanya juga mampu membersihkan virus di dalamnya. Jika ingin mencoba trik membetulkan alat penyimpanan data supaya terbaca kembali, maka harus mengetahui bahwa trik ini akan membuatnya jadi kembali seperti baru lagi.

Itu artinya semua file akan terhapus begitu saja. Sehingga jangan memakainya jika ada file-file penting dalam benda tersebut. Tapi memang menggunakan CMD sanggup membuat file atau berkas mana saja yang terdapat virus di dalamnya diketahui dengan cepat dan itu membantu untuk membuat keputusan apakah akan diformat atau tidak.

Untuk melakukannya, cukup sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop, lalu buka tab Windows Run. Ketikkan CMD dan kemudian tekan Enter. Setelah CMD membuka, maka ketik FORMAT F:/FS:FAT. F di sini ialah lokasi dari flashdisk di mana setiap komputer tentunya berbeda-beda lokasinya. Kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga virus terhapus begitu saja.

 

  • Memeriksa Port USB

 

Selain tindakan format di atas, Anda juga dapat memakai trik ini di mana memeriksa keadaan port USB-nya. Jika port USB rusak atau kotor, maka akan wajar rasanya jika alat penyimpan data jadi tidak akan terbaca. Triknya pun mudah, hanya perlu menggunakan alat penyimpanan data rusak atau tak terbaca itu ke komputer lain.

Jika ternyata masih bisa tersambung, maka berarti port USB komputer Anda bermasalah. Untuk ini, perhatikan selalu kebersihan dari laptop ataupun aksesoris pada laptop itu sendiri dengan cara merawat flashdisk serta laptop dengan baik dan benar.

Baca Juga : Cara Pengembalian File Terhapus di Flashdisk

Demikianlah tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dan dapat coba sendiri sebelum memutuskan ke tukang service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *