Cara Dribble Bola Basket dengan Teknik Dasa

Cara Dribble Bola Basket dengan Teknik Dasa

rienfair.comCara dribble bola basket merupakan hal yang paling penting untuk Anda pahami, supaya pantulan bola tetap tanpa harus berganti tangan. Teknik tersebut banyak digunakan oleh para pemain basket yang mungkin Anda ketahui seperti semua pemain NBA. Untuk Anda yang pemula mungkin kurang memahami teknik tersebut. Berikut cara melakukan dribble basket yang bisa Anda ikuti.

 

Teknik Dasar Dribble

  1. Pegang bola menggunakan ujung jari

Saat Anda sedang melakukan dribble, pastikan ujung jari Anda yang bersentuhan dengan bola,  supaya bola tersebut dapat dikendalikan. Sebaiknya, jangan terlalu kuat supaya bola tetap memantul. 

 

Hindari juga menepuk bola dengan telapak tangan Anda, karena akan membuat gerakan dribble menjadi lebih lambat. Cobalah untuk membuat pantulan bola menggunakan jari Anda di bagian ujung. Lebarkan jari-jari tangan, disaat melakukan dribble supaya bagian bola yang tersentuh jadi lebih lebar dan pantulannya juga  menjadi stabil.

 

  1. Menurunkan posisi badan

Posisikan badan Anda dalam keadaan merendahkan badan, tidak tegak lurus. Dengan posisi tegak lurus bola akan memantul lebih lama dari badan bagian atas Anda sampai ke lantai dan kembali lagi ke atas, tentu bola Anda akan jadi lebih mudah dicuri pemain lawan. Jadi Anda perlu memastikan posisi badan menjadi lebih rendah.

 

Buka kaki selebar bahu, tunggingkan pinggul Anda dan tekuk lutut Anda. Tegakkan kepala dan bagian atas tubuh Anda. Posisi tersebut merupakan posisi yang stabil dan tentu akan melindungi bola supaya tidak dicuri lawan. 

 

  1. Memantulkan bola basket

Gunakan ujung bagian jari Anda, untuk membuat pantulan. Pantulkan dengan kuat, lakukan gerakan dribble secara cepat dengan stabil dan tetap terkendali. Saat bola memantul kembali ke tangan, gunakan kembali ujung jari untuk memantulkan bola kembali lagi ke lantai dengan bantuan pergelangan tangan serta lengan bagian bawah yang bergerak ke atas dan ke bawah. 

 

Pastikan bola tersebut memantul di samping depan kaki Anda. Latih terus, sampai pandangan Anda tidak tertuju pada bola saja. 

 

  1. Pertahankan posisi tangan

Tangan Anda mempunyai kendali penuh terhadap bola, untuk itu Anda harus tetap menjaga supaya bola tetap terkontrol dengan baik. Anda harus membuat posisi bola tidak jauh dari jangkauan Anda. Posisikan telapak tangan kedepan bola sedikit, supaya dribble ke arah depan terpantul tepat di ujung jari tangan Anda.

 

  1. Menjaga pantulan supaya tetap rendah

Pantulan bola yang cepat namun rendah, tentu akan membuat bola Anda sulit direbut oleh pemain lain. Anda bisa merendahkan posisi badan dengan cara menekuk lutut dan merendahkan pinggang untuk menjaga tinggi pantulan bola tersebut tetap berada di posisi antara pinggang dan lutut. 

Baca Juga : 3 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Patut Dicoba!

Cara dribble bola basket dengan teknik dasar ini perlu dilatih secara berkala, supaya Anda semakin terbiasa untuk memposisikan badan, bola, serta tangan Anda dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *