Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar dan Tepat

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar dan Tepat

rienfair.com –  Setiap orang sudah pasti memiliki catatan riwayat hidup untuk berbagai kepentingan, salah satunya yaitu untuk mendaftar kerja atau menjadi seorang pemateri. Tapi bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang menarik?

Daftar riwayat dalam hidup atau Curriculum Vitae (CV) biasa diajukan sebuah perusahaan sebagai syarat untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Di dalam daftar tersebut, tercantum mulai dari tempat tanggal lahir Anda sampai pengalaman apa saja yang sudah didapatkan selama hidup. Hal itu sebagai modal dalam memulai pekerjaan di sebuah perusahaan. 

Saat ini banyak jasa-jasa yang membuat CV agar terlihat menarik dan menjadi sebuah nilai tambah dalam melamar pekerjaan hari ini. Nilai kreatifitas yang akan dinilai oleh perusahaan menjadi sebuah penilaian sendiri bagi Anda terutama untuk perusahaan yang memiliki arah gerak ke usaha-usaha kreatif.

Berikut Langkah Membuat CV Menarik

  • Struktur yang Jelas dan Detail

Sebelum Anda membuat sebuah daftar riwayat atau CV, maka perlu memperhatikan struktur isinya seperti apa dan bagaimana nanti isinya. Karena langkah awal menentukan struktur sangat penting sebagai penentu seperti apa hasil CV yang akan diberikan ke perusahaan.

  1. Menunjukkan Hal yang Menonjol

Dalam CV yang akan dibuat, setelah menentukan struktur hal selanjutnya adalah menuliskan hal-hal yang telah dilalui dan dapat dikatakan merupakan uatu hal yang menonjol dalam diri Anda. Tidak perlu khawatir akan pertanyaan dari CV yang Anda buat. Asalkan apa yang dicantumkan benar-benar telah ada pada diri Anda.

  • Koreksi Mendalam

Setelah struktur dan isi sudah disusun dan siap dijadikan sebuah CV. Selanjutnya ada hal penting yang tidak boleh dilewati dan harus dilakukan. Yaitu, melakukan koreksi atas selesainya CV Anda. Mengapa? Karena dalam pembuatannya perlu diperhatikan bahasa dan tentunya kata-kata yang berlebihan perlu disederhanakan.

Tiga langkah di atas merupakan awalan dari apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadikan CV menjadi menarik dan memiliki potensi besar untuk dilirik oleh perusahaaan. Langkah selanjutnya setelah melakukan tiga langkah diatas adalah melakukan penempatan atau template untuk CV.

Template ini digunakan agar CV dapat terlihat rapi dan tersusun dengan benar. Maka Anda dapat mengunduh template atau membuat template sendiri. Dengan diberikannya template CV akan terllihat menarik dan penuh nilai kreatif di dalamnya.

Selain CV, kunci lain untuk lolos dalam tahap pelamaran kerja adalah jawaban jujur dari Anda sendiri. Ingat segala hal yang Anda cantumkan di dalam CV merupakan hal yang perlu dan harus Anda pertanggungjawabkan. 

Sekarang dengan langkah-langkah tersebut, CV sudah menarik, isi sudah sesuai dan sudah dikoreksi secara mendalam. Sehingga apapun yang ada di CV sudah siap untuk dijawab ketika ada pertanyaan yang berkaitan. 

Baca Juga : Ketahui Cara Membuat Gambar Pecah Menjadi HD

Dengan mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup yang benar, maka peluang surat lamaran Anda akan semakin besar untuk diterima oleh perusahaan yang dilirik.