Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

rienfair – Untuk menginput data orang-orang dulu memanfaatkan Google Spreadsheets (Sheets). Akan tetapi, seiring dengan perkembangan inovasi Google, saat ini Anda dapat membuat formulir dari Google. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat google form. Dengan memanfaatkan form google, tidak lagi menginput data dengan cara manual dengan menggunakan Google Sheets.

Saat ini, Anda dapat menggunakan form dari google untuk berbagai kebutuhan, baik digunakan untuk mengoleksi data kuesioner, menyusun alamat untuk keperluan mengirim produk toko online, atau untuk mengumpulkan daftar keanggotaan, dan yang lainnya. Walaupun, Anda sebenarnya dapat menginput data alamat pembeli secara langsung dari website toko online yang Anda miliki.

Cara Membuat Google Form Cepat dan Mudah

Sebelum Anda memulai bagaimana cara membuat google untuk formulir di hp atau komputer, terlebih dulu kamu harus  mempunyai akun Google yang dapat dibuat secara gratis pada Google Accounts. Apabila sudah memiliki akun di Google, Anda melakukan akses GForm pada menu yang ada di Google Drive yaitu pilihan “New” yang berada di sebelah kiri atas.

Kemudian setelah muncul beberapa pilihan layanan Google, Anda harus memilih form untuk membuat formulir dengan demikian Anda sudah dapat mulai untuk membuat form sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, ikuti cara untuk membuat form secara lengkap berikut:

  1. Anda harus menentukan tujuan pembuatan formulir. Kemudian, beri judul formulir Anda beserta deskripsi yang dapat mewakili tujuan dibuatnya formulir.
  2. Untuk mendata jawaban siswa yang Anda perlukan, maka Anda harus membuat daftar pertanyaan. Terdapat beberapa jenis jawaban yang dapat Anda pilih, dapat berupa jawaban pilihan ganda, pendek, panjang, tanggal, waktu (jam), checkbox, unggah file, dan yang lainnya, yang mana tentu dapat membedakan jenis respon pengisi formulir.
  3. Untuk dapat menambahkan pertanyaan baru, Anda cukup klik pada icon “+” yang berada di sebelah kanan.
  4. Selanjutnya tentukan apakah pertanyaan yang Anda buat wajib untuk dijawab atau tidak. Fitur ini tentunya dapat mempermudah Anda mengumpulkan informasi penting yang dibutuhkan, seperti alamat email, nama maupun nomor telepon. Sehingga di dekat pertanyaan yang wajib dijawab oleh pengisi formulir akan muncul bintang merah.
  5. Untuk soal pilihan checkboxes atau pilihan ganda, Anda juga dapat menambahkan pilihan bebas yang mana pengisi formulir dapat mengisi sendiri, Anda akan dapat membuatnya dengan cara klik “add “Other”’.
  6. Anda juga dapat meminta pengisi formulir untuk mengunggah file yang isinya berupa beberapa jenis jawaban lain yang Anda butuhkan sesuai kebutuhan Anda, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner dapat berupa data, audio, konten visual, atau video.

Baca Juga : Komentar pedas Olivier Giroud yang membawa gatal kuping kiri Benzema

Dengan mempelajari cara membuat google form lebih lanjut, maka Anda dapat membuat beberapa pilihan lain untuk jenis pertanyaan maupun untuk mempercantik tampilan gform Anda yang dapat Anda buat sesuai keinginan. Setelah form google Anda selesai dibuat, Anda dapat membagikannya melalui link, email, google drive, serta embed pada website milik Anda.