Cara Mengurangi Gema dengan Benda yang Dapat Menyerap Bunyi

Cara Mengurangi Gema dengan Benda yang Dapat Menyerap Bunyi

rienfair.com – Ruangan menggema terkadang cukup menganggu penghuninya karena menimbulkan kebisingan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba bereksperimen menggunakan benda yang dapat menyerap bunyi. Pasalnya, ada beberapa jenis barang yang terbukti ampuh meredam bisingnya suara, loh. Penasaran apa saja benda tersebut? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Penyebab Ruangan Bisa Menggema

Gema merupakan bunyi atau suara yang dihasilkan dari pantulan gelombang suara yang mengenai permukaan keras sehingga terdengar sama seperti suara bunyi atau suara aslinya. Gema bisa terjadi di berbagai ruang, baik itu di rumah, gedung, perbukitan, sampai gua. 

Penyebab utama suatu ruangan atau bangunan bisa menggema adalah karena permukaan dinding maupun langit-langit berbahan keras. Di samping itu, penyebab gemanya sebuah ruang juga bisa disebabkan oleh tingginya langit-langit, penggunaan lantai dari bahan kayu, serta sedikitnya furnitur atau barang dalam ruangan tersebut. 

Gunakan Benda-benda Ini untuk Mengurangi Gema dalam Ruangan

Ada kalanya penghuni ruangan akan merasa terganggu dengan menggemanya suara. Pasalnya, selain menimbulkan kebisingan dalam ruangan itu sendiri, orang lain yang berada di luar ruangan juga berpotensi bisa mendengar karena saking tingginya volume suara/bunyi. Apabila Anda ingin meminimalisir gema tersebut, ada baiknya pertimbangkan menggunakan benda-benda berikut ini.

1. Karpet

Tahukah Anda bahwa karpet atau permadani lantai ternyata bisa menjadi alternatif benda pengurang gema, loh. Menggunakan karpet berbahan tebal bisa mengurangi suara-suara yang biasa muncul dari lantai seperti langkah kaki secara signifikan. 

Selain meletakkan karpet di lantai, Anda juga bisa memasang furnitur tersebut di dinding-dinding namun pastikan karpet tersebut cocok dipadu padankan dengan warna dinding atau desain interior. Selain menjadi sound absorbing, pemasangan karpet di dinding bisa terlihat dekoratif, loh

2. Gorden

Benda penghalau gema selanjutnya adalah gorden. Kain yang umumnya difungsikan sebagai penutup jendela agar bisa mengontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan ini rupanya juga dapat memberikan efek peredam suara, loh.  

Apabila Anda memutuskan menggunakan gorden sebagai alat peredam utama maka sebelum membeli tanyakan kepada penjual, gorden mana yang mempunyai kemampuan meredam suara paling baik. 

3. Busa

Sama seperti dalam studio musik, bila Anda ingin meredam gema pasanglah busa pada dinding maupun langit-langit ruangan. Ada beragam pilihan jenis busa peredam yang ditawarkan di pasaran. Bila ingin menggunakan busa seperti yang ada di studio musik maka pilihan jatuh pada jenis busa akustik.

Alternatif busa yang dapat Anda gunakan untuk meredam gema adalah sofa. Bahannya yang terbuat dari busa dan kain biasanya mampu menyerap bunyi dengan baik daripada kursi atau furnitur lain yang  berbahan kulit atau kayu. 

Nah, itulah ketiga benda dimana bisa Anda gunakan untuk meredam gema dalam ruangan. Ketiganya tak sulit untuk dipasang atau dicari karena merupakan benda umum kebutuhan ruangan. Apabila ingin menggunakan benda lain yang lebih efektif maka pemasangan karpet untuk seluruh lantai dimana dilapisi peredam suara bisa jadi alternatif solusi. Selain itu, pemasangan mass loaded vinyl juga dapat dicoba untuk menutup seluruh dinding.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar dan Tepat

Demikian itulah pembahasan mengenai cara mengurangi gema ruangan dengan benda yang dapat menyerap bunyi. Dari semua alternatif solusi di atas, kira-kira anda tertarik untuk menggunakan benda yang mana? Selamat mencoba dan semoga berhasil!