Inilah Sikap Terbaik Bila Kita Tak Dihargai Teman Sendiri

Inilah Sikap Terbaik Bila Kita Tak Dihargai Teman Sendiri

rienfair.com – Teman atau sahabat adalah orang yang bisa dibilang amat dekat dengan kita setelah keluarga sendiri. Pertemanan yang baik tentu akan merefleksikan sikap saling menghargai satu sama lain. Akan tetapi, tidak sedikit dari orang berada dalam hubungan pertemanan yang tidak sehat dan saling menghargai, istilah kekiniannya adalah toxic friendships. Apakah Anda juga mengalaminya?

Ada berbagai macam bentuk perlakuan atau sikap pengabaian dan tidak memberikan penghargaan yang bisa saja teman lakukan pada kita, seperti tidak mendengar saat berbicara padanya, meremehkan, dan berbagai sikap lainnya yang tentu tak menyenangkan. Apabila tidak dihargai teman maka bagaimana sikap terbaik kepadanya? Untuk memperoleh jawabannya simak artikel ini!

Tanda-tanda Tak Dihargai Oleh Teman

Sebelum menilai bahwa teman tidak menghargai dan mengabaikan kita, ada baiknya kenali tanda-tanda berikut ini agar tak salah menilai sikapnya. Tanpa mencari tahu alasan atau tanda-tandanya terlebih dahulu dan langsung menilainya secara sepihak, itu artinya kita telah berprasangka buruk padanya. Dilansir dari situs Magnetofsuccess.com, berikut adalah tanda-tandanya.

  1. Teman iri terhadap pencapaian & kesuksesan Anda
  2. Temanmu sering berbohong padamu
  3. Temanmu sering tidak menepati janjinya
  4. Temanmu membicarakan hal buruk tentangmu di belakang
  5. Temanmu tak memperdulikanmu lagi
  6. Dia mulai menarik dari atau menghindar dari Anda
  7. Teman hanya datang saat ia butuh Anda saja
  8. Temanmu berusaha selalu menjatuhkanmu

Cara Menghadapi Orang yang Tidak Menganggap Kita

Bila perasaan sudah mulai tak nyaman lagi dengan teman lantaran dia telah melakukan beberapa tanda-tanda tersebut di atas. Maka sebagai teman baik, penting untuk mengambil sikap terbaik agar hubungan pertemanan dimana berusaha untuk dijaga agar tidak kandas begitu saja. Simak beberapa caranya sebagai berikut.

1. Ketahuilah jenis emosi & perasaan Anda saat ini

Kenali jenis emosi dan perasaan Anda saat ini. Apakah itu marah, kecewa, atau sedih. Tak hanya mengenalinya saja, penting juga untuk melakukan validasi atas emosi itu sendiri supaya apa yang dirasakan memang wajar dan beralasan.

 

2. Evaluasilah cara berinteraksi dengan teman

Kita tak pernah tahu apakah hubungan pertemanan selama ini memang baik adanya tanpa mengevaluasi cara berinteraksi. Bisa jadi, pemicu teman mengabaikan kita adalah karena sikap kita tak baik padanya. Maka dari itu evaluasilah kembali.

 

3. Ingat kembali bahwa kita tak bisa mengontrol perilaku orang lain

Terus-terusan memaksa orang lain mengikuti kemauan kita adalah tindakan sia-sia. Pasalnya, manusia tidak akan pernah bisa mengontrol perilaku atau ucapan orang lain terhadapnya. Alih-alih stres dengan sikap orang lain, alangkah lebih baiknya jika kita berusaha mengendalikan diri sebaik mungkin untuk menghadapi masalah.

 

4. Cobalah mengajaknya ngobrol

Buatlah rencana untuk mengobrol dari hati ke hati dengan temanmu. Carilah waktu, tempat, dan suasana nan nyaman bagi kalian agar leluasa mengobrol. Cobalah ajukan pertanyaan dan dengarkan jawabannya secara aktif.

 

5. Jelaskan masalah yang Anda rasakan secara subjektif

Selanjutnya, coba jelaskan masalah perasaan atau masalah Anda secara subjektif serta didukung dengan fakta untuk menginterpretasi emosi. berusahalah bersikap tenang pada cara kelima ini agar ucapan bisa keluar dengan baik tanpa harus melukai perasaan lawan bicara.

 

6. Apabila ternyata Anda bersalah, cobala meminta maaf

Setelah mengobrol dari hati ke hati dan mengetahui akar permasalahannya. Maka dari situ alan ketahuan siapa yang bersalah duluan. Apabila ternyata yang bersalah adalah Anda maka segeralah meminta maaf secara tulus dan berusahalah untuk tak mengulanginya kembali.

 

7. Carilah solusi bersama

Terakhir, carilah solusi atas permasalahan sedang terjadi. Buatlah kesepakatan agar bisa win-win solution sehingga nantinya dapat saling menghargai satu sama lain lagi.

Baca Juga : Cara Memasukan Video ke Presentasi PPT Power Point

Nah, demikian itulah jawaban atas pertanyaan apabila tidak dihargai teman maka bagaimana sikap terbaik kepadanya. Keputusan untuk melanjutkan hubungan pertemanan atau mengakhirinya saja tentu kembali pada Anda. Pasalnya, kita juga harus bijak sekaligus selektif dalam berteman agar bisa saling menghargai serta menjadikan satu sama lain semakin lebih baik. Lakukan yang terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *